Ciri – ciri kucing persia himalaya

BLOG RAHMAN – Himalaya atau Persia Himalaya (dahulu bernama Colourpoint Persian) adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan antara ras Persia dengan ras Siamese. Persilangan tersebut adalah bertujuan untuk menciptakan ras kucing dengan tipe badan yang sama seperti Persia, tetapi dengan pola warna seperti Siamese. Himalaya sangat identik dengan mata berwarna biru dan pola warna point.  Ciri – ciri kucing persia himalaya.

Persia Himalaya juga dikenal dengan nama ilmiah Felis catus. Menurut informasi yang saya peroleh dari wikipedia, kucing ini berasal dari Inggris dan Amerika. Saat ini ada dua jenis kucing persia himalaya yang bisa anda pilih. Kedua jenis tersebut adalah himalayan ekstrim dan himalayan tradisional. Jenis himalayan ekstrim merupakan kucing yang lucu, sayangnya kucin ini sangat mudah terkena masalah kesehatan karena kondisi hidungnya yang sangat pesek. Himalayan tradisional dikenal juga dengan doll-faced, yang oleh Traditional Cat Association (TCA) lebih direkomendasikan untuk dipelihara dibandingkan dengan himalaya ekstrim.

Harga ras Himalaya yang berkualitas bagus dapat mencapai harga 5-15 juta rupiah, namun ada juga yang harganya di bawah 5 juta rupiah.

Ciri – ciri kucing persia himalaya

Secara garis besar kucing himalaya memarisi sebagian besar bentuk tubuh kucing persia. Mulai dari bentuk tubuh yang besar dan gagah, kemudian wajah yang datar juga menjadi ciri khusus yang dimiliki oleh pewarisnya. Mungkin bagi pecinta kucing yang pemula masih belum bisa membedakan dengan jenis siam atau jenis persia lainnya. Untuk membantu para pemula untuk mengetahui ciri-ciri fisik persia himalaya, berikut ini ciri-cirinya:

1. Postur Tubuh Kucing Persia Himalaya

Kucing himalaya dikenal sebagai kucing yang memiliki tubuh besar dengan tulang yang kuat. Berat tubuh kucing ini berkisar di angka 4 hingga 6 kg.

2. Bagian Kepala Kucing Persia Himalaya

kepala kucing himalaya itu bulat dan penuh dengan hidung yang pesek. Bahkan kepesekan himalaya membuatnya dibedakan menjadi 2 jenis yaitu tradisional dan ekstrim. Bagian kepala warnanya putih namun didominasi warna kecoklatan seperti warna kucing siam. Telinganya juga berwarna gelap / colorpoint seperti halnya kucing siam. Ukuran telinga pendek seperti persia. Untuk mata, himalaya memiliki warna maa biru bulat dan agak besar.

3. Bagian Kaki Kucing Persia Himalaya

Kaki kucing himalaya pendek dengan warna gelap dibandingkan dengan warna tubuhnya. Kaki tersebut dilapisi bulu lebat dan ditompang oleh cakar yang besar dan kuat.

4. Bulu dan Ekor Kucing Persia Himalaya

Bulu yang dimiliki oleh kucing persia himalaya cukup lebat seperti halnya jenis kucing persia yang lain. Bulu lebat dan mengkilat memang menjadi ciri khas persia, pembedanya terletak pada colorpoint yang sangat sangat dominan pada bagian muka, kaki dan telinga. Sedangkan ekor yang dimiliki oleh himalaya tergolong cukup proporsional jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya.

5. Umur Kucing Himalaya

Mungkin hampir sama dengan jenis persia lain, kucing himalaya juga mampu bertahan hidup hingga 9 sampai 15 tahun. Bila anda melakukan perawatan yang maksimal maka kucing anda bisa berumur lebih lama.

6. Kepribadian Kucing Persia Himalaya

Kucing ini tergolong kucing yang aktif, bahkan lebih aktif dibandingkan dengan persia yang lainnya namun masih kalah dibandingkan dengan kucing siam. Dia adalh kucing lembut yang suka kedamainan namun kadang agak rewel dan suka main-main disekitar anda.

Baca juga postingan berikut

Gambar kucing lucu dan imut terbaru

Add a Comment